Pages

Selasa, 12 Februari 2013

TIPS mengatasi grogi saat seminar skripsi :D


Mengatasi grogi, persiapan presentasi
Bagi sebagian orang, berbicara di depan umum bukanlah hal yang mudah. Berikut ini saya bagikan tips mengatasi grogi dan persiapan menjelang presentasi.

Beberapa persiapan menjelang presentasi, hal-hal yang perlu dilakukan setidaknya 1hari menjelang hari H:
- cek laptop dan slide presentasi
- back up file kedalam 1 atau 2 flashdisc untuk antisipasi
- siapkan dress untuk hari presentasi
- bagi yang menjelang sidang, sholat tahajud merupakan hal yang cukup diperlukan
- istirahat yang cukup, hindari makan makanan yang pedas atau asam yang mungkin akan menjadikan sakit perut tak terduga.

Untuk mengatasi rasa grogi :
1. Mempersiapkan mental dengan cara membangun rasa percaya diri dan mengendalikan rasa takut serta emosi. Khusus untuk mengatasi kaki yang gemetaran, usahakan pada saat tampil anda bergerak, anda dapat menyiasatinya dengan berjalan menuju white board untuk menulis atau menuju hadirin untuk berdialog.

2. Berusahalah konsentrasi dan tenang pada saat akan maju dan fokuskan pada pokok pikiran apa yang anda sampaikan, juga pada kata kuncinya. Jangan memaksakan diri untuk mengeluarkan apa yang anda hafalkan, ini hanya akan menambah ketegangan dan rasa grogi jika pada saat akan maju ada sedikit saja ada yang terlupa.

3. Kuasai materi presentasi sebaik mungkin.

4. Jangan mengharuskan diri tampil sempurna pada tiap kesempatan karena hanya akan mempercepat timbulnya rasa grogi ketika sedikit saja kekurangan Anda tampak. Yakinlah semua orang mempunyai kekurangan dan tidak semua orang mampu berbicara dengan baik di depan umum.

5. Yakinlah bahwa Anda tidak harus sepenuhnya menguasai seluruh hadirin. Fokuskan perhatian pada mereka yang tertarik dengan apa yang anda sampaikan. biarkan saja kalau ada yang tidak menaruh perhatian pada apa yang anda sampaikan.

6. Usahakan melewati sebelah kiri pendengar saat Anda menuju ke panggung atau tempat anda menyampaikan pidato. Ini akan menstimulasi otak kanan para pendengar sehingga lebih mudah menerima apa yang anda sampaikan

7. Jangan lupa untuk berdoa sebelum berbicara di depan umum agar tidak grogi, tidak nervous, dan sukses.
Yang perlu Anda tekankan dalam diri Anda adalah bahwa berbicara di depan umum bukanlah hal yang sangat menegangkan. Anda tidak akan dicela dan dijauhi hanya karena penampilan anda tidak sempurna saat di depan forum. Jadi berusahalah selalu tenang dan rileks.

Dan lebih penting lagi, bukan pada bagaimana penampilan anda tetapi pada apa yang anda sampaikan sehingga anda harus mempunyai tujuan dan sasaran yang jelas dan terarah. Ingatlah, sebagian besar pendengar menginginkan anda berhasil dalam menyampaikan pesan dan persiapan yang matang akan sangat membantu anda. Semua usaha yang kamu lakukan akan berakhir di tangan Yang Kuasa. Jika sudah memberikan yang terbaik, doa akan membantu melancarkannya. Setelah semua usaha sudah anda lakukan, langkah terakhir adalah melibatkan allah SWT, sehingga jika gagal maka anda tidak akan terlalu kecewa, serahkan secara ikhlas hasil usaha anda kepada-Nya, kecuali skripsi anda mencontek, membeli secara online maka jikapun lulus hal itu tidaklah lulus di depan Allah SWT dan ini akan membebani anda dikemudian hari. Yakinlah jika anda jujur maka Tuhanpun akan menentukan yang terbaik untuk kita. Yang terakhir, “LAKUKANLAH YANG TERBAIK UNTUK KEDUA ORANG TUA KITA DAN SEMUA ORANG YANG KITA SAYANGI”

#dari temen :)

0 komentar:

Posting Komentar