Pages

Selasa, 22 Maret 2011

Metode Sorting

Metode Sorting

Sorting merupakan suatu proses untuk menyusun kembali himpunan obyek menggunakan aturan tertentu. Sorting disebut juga sebagai suatu algoritma untuk meletakkan kumpulan elemen data kedalam urutan tertentu berdasarkan satu atau beberapa kunci dalam tiap-tiap elemen. Pada dasarnya ada dua macam urutan yang biasa digunakan dalam suatu proses sorting:

1. urut naik (ascending)
   Mengurutkan dari data yang mempunyai nilai paling kecil sampai paling besar.

2. urut turun (descending)
   Mengurutkan dari data yang mempunyai nilai paling besar sampai paling kecil.

Contohnya : Data bilangan 5, 2, 6 dan 4 dapat diurutkan naik menjadi 2, 4, 5 dan 6 atau di urutkan turun menjadi 6,5,4, dan 2.
Pada data yang bertipe char, nilai data dikatakan lebih kecil atau lebih besar dari yang lain      didasarkan pada urutan relatif (collating sequence) sesuai dengan tabel ASCII.

Klasifikasi Algortima Pengurutan (sorting)

·         Exchange Sort
Melakukan pembandingan antar data , dan melakukan pertukaran apabile urutan yang didapat belum selesai.
Contohnya : Buble Sort, Cocktail Sort, Comb Sort, Gnome Sort, Quick Sort.

·         Selection Sort
Mencari elemen yang tepat untuk diletakkan di posisi yang telah diketahui, dan meletakkannya di posisi tersebut setelah data tersebut ditemukan.
Contohnya : Selection Sort, Heap Sort, Smooth Sort, Strand Sort. 

·         Insertion Sort
Mencari tempat yang tepat untuk suatu elemen data yang telah diketahui ke dalam subkumpulan data yang telah terurut,kemudian melakukan penyisipan (insertion) data ditempat yang tepat tersebut.
Contohnya : Insertion Sort, Shell Sort, Tree Sort, Library Sort, Patience Sorting.

·         Merge Sort
Data dibagi menjadi subkumpulan-subkumpulan yang kemudian subkumpulan tersebut diurutkan secara terpisah, dan kemudian digabungkan kembali dengan metode merging. Algoritma ini melakukan metode pengurutan merge sort juga untuk mengurutkan subkumpulan data tersebut, atau dengan kata lain,pengurutan dilakukan secara rekursif.
Contohnya : Merge Sort.

·         Non –Comparison Sort
Proses pengurutan data yang dilakukan algoritma ini tidak terdapat pembandingan antar data,data diurutkan sesuai dengan pigeon hole principle.
Contohnya : Radix Sort, Bucket Sort, Counting Sort, Pigeonhole Sort, Tally Sort.

Keuntungan dari Sorting data adalah
·         Data mudah dicari, mudah untuk dibetulkan, dihapus, disisipi atau digabungkan. Dalam keadaan terurut,Kita mudah melakukan pengecekan apakah ada data yang hilang.
·         Mempercepat proses pencarian data yang harus dilakukan berulang kali.

0 komentar:

Posting Komentar